Minggu kedua di KI, setelah selesai menjalani mata kuliah yang berat pada hari-hari sebelumnya. Akhirnya datang juga mata kuliah yang membuat kita berasa di refresh. Rasa sabar pun serasa ingin hilang, ingin segera acara refreshing ini segera dimulai. Tapi biarpun ini mata kuliah yang santai, manfaat yang didapatkan di mata kuliah ini sungguh sangatlah banyak. Soft skill kami benar-benar ditempa di mata kuliah ini. Pada saat mengikuti gerigi ITS 2010, efek manfaat yang dilakukan di KI benar-benar terasa. Kita akan bahas satu-satu tentang manfaat game-game yang diperoleh di KI minggu kedua pada saat acara gerigi berlangsung di ITS selama 3 hari. Langsung saja, game pertama pada minggu ke dua ini bernama ‘seven up’. Game ini mengajarkan kita untuk melatih konsentrasi dan reflek kami. Dan setelah melakukan game yang pertama ini, efeknya kerasa di saat kami menjalani Gerigi ITS 2010. Di Gerigi terdapat suatu permainan yang melatih daya reflek kita dan konsentrasi kami, pada saat saya melakukan permainan itu di Gerigi, sungguh terasa sangat menyenenangkan. Karena merasa kansentrasi dan reflek sudah dilatih sewaktu KI. Permainan berjalan lancar dan yang pastinya kelompok sayalah yang menang. Di dalam keseharian, game ‘seven up’ membuat kita akan selalu sigap dalam segela keadaan yang akan terjadi dan bisa lebih tenang untuk menghadapinya.
Game yang kedua bernama ‘kau dan aku’. Jadi di game ini kami disuruh untuk mendengarkan orang yang berbicara dan berbicara dengan orang yang mendengarkan kita. Game ini memberikan pelajaran bagaimana cara yang baik pada saat berbicara dengan orang, bagaimana membuat agar seseorang bisa fokus pada pembicaraan kita, melatih kita untuk menceritakan sesuatu kepada orang lain, menjadi pendengar yang baik, bagaimana agar orang merasa dihargai saat mereka berbicara dan banyak lagi. Setelah melakukan game ini, saya lebih mengerti bagaiman cara yang baik pada saat kita berbicara kepada orang lain dan mendengarkan pembicaraan orang lain dengan menghargai pembicaraan tersebuat. Di keseharian, manfaat-manfaat yang ada di game kedua ini cukup terasa. Sekarang, jika sedang mendengarkan orang yang berbicara, saya akan lebih memperhatikannya dan berusaha untuk menghargai apa yang orang itu bicarakan. Dan saya jadi lebih mengerti bagaimana untuk membuat orang bisa terfokus pada apa yang saya bicarakan dan membuat pembicaraan itu jadi lebih menarik.
Untuk game yang ketiga ini bernama ‘origami’. Dari namanya saja sudah jelas, apa yang akan dilakukan pada game ini. Tapi tunggu dulu, ini bukan bermain melipat-lipat kertas biasa. Jadi ada setiap anak dalam satu kelompok mendapatkan kertas lipat dan satu anak ditugaskan untuk memberi arahan apa yang akan dibuat dengan kertas tersebut. Game ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan suatu komando yang jelas. Setelah memainkan game ini, kita semua diharapkan bisa menjadi pemimpin yang bisa memberikan suatu informasi secara jelas dan dapat dimengerti oleh anggotanya. Dan sebagai anggota, kita diharapkan bisa berkonsentrasi dengan arahan yang diberikan oleh sang pemimpin dan bisa memahami apa yang dimaksudkan dalam komando tersebut. Sehingga bisa mencapai suatu tujuan yang sama. Dalam keseharian hal ini dibutuhkan dalam pekerjaan, di suatu perusahaan kita pasti diharapkan untuk bisa saling bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan. Kepemimpinan kita dan menjadi anggota yang baik pasti akan diuji. Setelah mengikuti game ini, saya jadi bisa lebih memahami untuk mengerti apa maksud dari pemimpin dalam memnyampaikan suatu informasi dan bisa membuat teman-teman saya menjadi lebih paham ketika saya memberikan suatu informasi.
Game keempat bernama ‘presentasi nilai’. Jadi tiap kelompok akan mendapatkan kertas karton dan kami disuruh untuk menggambar sesuatu yang mencerminkan 5 nilai yang ada di kelompok kami. Game ini bermanfaat untuk bisa mengetahui bagaiman sebetulnya nilai-nilai kita yang kita miliki dan ketika sudah tahu, diharpkan kita bisa untuk trus mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan berusaha memperbaiki hal yang jelek yang ada dalam diri kita. Pada saat selesai membuat gambar tentang 5 nilai yang ada dalam kelompok kami, kami disuruh presentasi kelompok tentang gambaran tersebut ke kelompok lain dan beradu mana yang lebih baik. Hal ini bertujuan agar kita bisa benar-benar menghayati tentang nilai-nilai yang kita pilih. Dalam keseharian, hal ini bermanfaat di dalam semua aspek kehidupan.
Manfaat yang saya dapat selama saya mengikuti KI dalam 2 minggu ini adalah. Saya menjadi lebih percaya diri, bisa mengerti apa yang baik dilakukan untuk menghargai orang lain, lebih sigap dalam berhadapan dengan sebuah tantangan kehidupan dan membuat kepribadian saya menjadi lebih baik.
No comments:
Post a Comment